Anak Anak yang Sholat Dalam Keadaan Bau

بسم الله الرحمن الرحيم

👟…⚽ ______ 🍂

📌Tanya:
Bagaimana ustadz, tentang bau keringat? Seringkali sebelum shalat anak-anak tidak mandi. Padahal mereka sebelumnya bermain-main. Sehingga seringkali ketika shalat tercium bau tidak sedap. Apakah ini termasuk kotoran? Mengingat tubuh mereka menjadi berbau.💨

Jawab :
Oleh Al Ustadz Abdul Haq Balikpapan hafizhahullah

Iya, ini gangguan. Dan kita dilarang untuk mengganggu kaum muslimin. Rasulullah ‘alaihi shallatu wasallam melarang melarang seseorang yang memakan bawang putih, bawang merah yang mentah untuk masuk masjid. Kenapa? Baunya, yang mengganggu kaum muslimin. Dari sendawanya, dari aromanya. Dimana para malaikat akan terganggu dengan bau busuknya, sebagaimana jama’ah terganggu.

مَنْ أَكَلَ مِنْ هَذِهِ الشَّجَرَةِ الْمُنْتِنَةِ، فَلَا يَقْرَبَنَّ مَسْجِدَنَا، فَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ تَأَذَّى مِمَّا يَتَأَذَّى مِنْهُ الإِنْسُ

“Barangsiapa yang memakan tanaman yang busuk baunya ini, maka janganlah mendekati masjid kami. Karena malaikat rahmat merasa terganggu sebagaimana manusia merasa terganggu” (Diriwayatkan oleh Muslim no. 563).

Barang siapa yang makan bawang putih, bawang merah mentah, kecuali sudah dimasak, disebutkan dalam hadits riwayat Bukhari dikecualikan apabila sudah dimasak akan mengurangi baunya, tidak mengapa. Namun apabila seorang makan bawang putih, bawang merah mentah, kata nabi jangan sekali-sekali mendekati masjid kaum muslimin untuk ibadah, untuk shalat berjama’ah. Kenapa? Karena malaikat terganggu dari bau busuknya, bau tidak sedapnya. Na’am sebagaimana jama’ah terganggu dari bau busuknya.

Oleh karena itu para ulama menjelaskan hadits ini, bahwa ini juga masuk ke dalam semua bau-bau yang menimbulkan gangguan di tengah jama’ah, di tengah kaum muslimin, seperti apa? Keringat. Jadi yang disebutkan dalam hadits ini bawang putih, bawang merah. Tapi bukan hanya itu, termasuk pula misalkan makanan yang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, seperti apa? Jengkol, pete, durian, atau yang lainnya. Soto, rawon (sendawanya), artinya dijaga. 

Termasuk keringat, bau rokok, baunya luar biasa, mengganggu sekali. Ini hendaknya dijaga, dibersihkan, pakai minyak wangi, mandi. Apalagi anak-anak, jangan dibiarkan. Kita sebagai wali, sebagai orang tua, bertanggung jawab. Jangan sampai anak kita dibiarkan, dari kecil biasa kemproh. Tahu kemproh? Jorok, bau dibiarkan.

“Tidak apa-apa, anak salafy, anak ahlussunnah, biasa kotor, yang penting hatinya bersih”

Janganlah, jangan berlebihan, jangan ekstrim. Tetap islam membimbing kita. Anda ahlussunnah iya? Terapkan sunnah, apa sunnahnya? Jaga kesehatan, jaga kebersihan. Kondisikan anak kita wangi terus, sebagaimana kita. Sehingga yang seperti ini hendaknya dihindari. Anak-anak apalagi habis main, kalau bisa suruh mandi, suruh mandi. Terkadang karena keringatnya banyak keluar, meskipun dikasih minyak wangi, tambah jadi kan baunya?

Sehingga bagaimana solusinya? Ya pakaiannya diganti misalkan, pakaian yang kering atau yang semisalnya. Wallahu ta’ala a’lam bishawab.

:idea:Sumber: http://www.thalabilmusyari.web.id/2015/04/anak-anak-yang-shalat-dalam-keadaan-bau.html?m=1

🌷🍃ash shalihah🍃🌷

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s