📜 APA DALIL YANG MENUNJUKKAN BAHWA KETAATAN KEPADA SUAMI LEBIH DIDAHULUKAN DIBANDING KETAATAN KEPADA KEDUA ORANGTUA ❓

📎Pertanyaan :
Apa dalil yang menunjukkan bahwa ketaatan kepada suami itu lebih didahulukan dibanding ketaatan kepada kedua orangtua ?

📎Jawaban :
Wanita apabila ia telah menikah, maka ia berpindah ke rumah suaminya, dan apabila ia telah tinggal bersama suaminya maka ia mengikuti suaminya karena sesungguhnya suami memiliki kepemimpinan atasnya dan ia adalah tawanan di sisi suaminya.

Allah Ta’ala berfirman :
اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَآءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَاۤ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ   ؕ  فَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰهُ   ؕ  وَالّٰتِيْ تَخَافُوْنَ نُشُوْزَهُنَّ فَعِظُوْهُنَّ وَاهْجُرُوْهُنَّ فِى الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوْهُنَّ  ۚ  فَاِنْ اَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوْا عَلَيْهِنَّ سَبِيْلًا    ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيْرًا

“Laki-laki (suami) itu pemimpin bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh, adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka). Perempuan-perempuan yang kamu khawatirkan akan nusyuz, hendaklah kamu beri nasihat kepada mereka, tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya. Sungguh, Allah Maha tinggi lagi Maha besar.” [QS. An-Nisa’: Ayat 34]

Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya (2/292) : firman Allah Ta’ala (الرجال قوامون على النساء) maknanya :  lelaki itu qoyyim atas wanita, yaitu dia adalah pemimpinnya, pembesarnya, pemutus perkaranya, dan yang mendidiknya apabila ia menyimpang. -selesai-

Dan diriwayatkan oleh At-Tirmidzi no.1163,dan Ibnu Majah no.1851 dari jalur riwayat Sulaiman bin Amr bin Al-Ahwash, ia berkata: ayahku telah menyampaikan kepadaku bahwa ia menyaksikan haji wada’ bersama Rasulullah -shalallahu ‘alaihi wa sallam- kemudian beliau memuji Allah dan menyanjung-Nya, beliau mengingatkan dan memberi nasehat -kemudian menyebutkan sebuah kisah dalam hadits tersebut- kemudian beliau -shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“hendaknya kalian memberi nasehat kepada para wanita dengan kebaikan, karena seaungguhnya mereka hanyalah ibarat tawanan di sisi kalian, kalian tidak menguasai sesuatu pun dari mereka selain itu.
Kecuali apabila mereka melakukan perbuatan keji secara terang-terangan, apabila mereka melakukannya maka tinggalkanlah mereka di tempat tidur (pisah ranjang), dan (kalau perlu) pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas. Tetapi jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari alasan untuk menyusahkannya.
Sesungguhnya kalian memiliki hak atas istri-istri kalian, dan istri-istri kalian memiliki hak atas kalian. Adapun hak kalian atas istri-istri kalian adalah mereka tidak boleh mengizinkan orang-orang yang kalian benci menginjak kasur-kasur kalian, dan mereka tidak boleh mengizinkan orang-orang yang kalian tidak suka untuk masuk ke rumah kalian. Dan adapun hak mereka atas kalian adalah hendaknya kalian berlaku baik kepada mereka di dalam pakaian mereka dan makanan mereka.” Berkata At-Tirmidzi -rahimahullah- : ini adalah hadits yang hasan shahih.
Dan makna ucapan beliau (عوان  عندكم) yaitu: tawanan di sisi kalian. -selesai-

Maka wanita bila di rumah suaminya, ketaatannya kepada suaminya, dan dia adalah pengikut suaminya karena kepemimpinan adalah milik suaminya dan karena dia adalah tawanan di sisi suaminya, sehingga ketaatan kepada suaminya didahulukan atas ketaatan kepada kedua orangtuanya, selama suami tidak memerintahkan kepada kemaksiatan, karena tidak ada ketaatan pada makhluq dalam bermaksiat kepada Al-Khaliq.

Wallahul muwaffiq

✒ Syaikh Muhammad bin Umar Baazmool -hafdzahullah-

📚 https://telegram.me/malbaz

📝 ummu hudzaifah as-samarindiyyah

🌷🍃ash-shalihah🍃🌷

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s