KETENTUAN-KETENTUAN YANG HARUS DIPEGANG OLEH WANITA DI BULAN RAMADHAN

Syaikh Shalih bi Fauzan Al-Fauzan  -hafidzahullah-

Pertanyaan :  Apa ketentuan-ketentuan yang harus dipegang oleh para wanita muslimah pada bulan yang mulia ini ?

Jawaban :  Ketentuan-ketentuan yang harus dipegang para wanita muslimah pada bulan yang mulia ini adalah :

1. menunaikan puasa secara sempurna karena puasa adalah salah satu dari rukun-rukun islam.
Dan apabila terjadi padanya apa-apa yang menghalangi dia dari berpuasa seperti haid, nifas atau apa saja yang menyulitkan dan memberatkannya untuk berpuasa seperti sakit, safar, kehamilan, atau menyusui maka boleh baginya untuk tidak berpuasa bersama dengan adanya salah satu dari udzur-udzur tersebut dengan bertekad untuk menggantinya di hari-hari yang lain.

2. Senantiasa melazimi dzikrullah dengan membaca Al-Qur’an, bertasbih, bertahlil, bertahmid, bertakbir dan melaksanakan shalat-shalat fardhu pada waktunya serta memperbanyak shalat-shalat sunnah pada waktu-waktu yang tidak dilarang.

3. Menjaga lisan dari mengucapkan kata-kata yang diharamkan dari ghibah, namimah (adu domba), berkata dusta, mencaci dan mencela dan menundukkan pandangan dari melihat sesuatu yang diharamkan seperti film-film yang berbau porno atau gambar-gambar yang tidak pantas dan memandang lelaki dgn syahwat.

4. Tetap tinggal di rumah dan tidak keluar kecuali ada kebutuhan dengan tetap menutup diri (berhijab), sopan, berhias dgn rasa malu dan tidak bercampur-baur dgn para lelaki, dan tidak bercakap dengan percakapan yang meragukan dengan mereka baik secara langsung maupun melalui telepon, Allah Ta’ala berfirman  :

فَلَا تَخْضَعْنَ بِالْقَوْلِ فَيَـطْمَعَ الَّذِيْ فِيْ قَلْبِهٖ مَرَضٌ وَّقُلْنَ قَوْلًا مَّعْرُوْفًا  ۚ

“Maka janganlah kamu tunduk (melemah-lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” [QS. Al-Ahzab: Ayat 32]

Sesungguhnya sebagian wanita atau kebanyakannya, mereka menyelisihi adab-adab syar’i dalam bulan Ramadhan atau bulan lainnya, yang mana mereka keluar ke pusat-pusat perbelanjaan dengan perhiasannya yang lengkap, memakai parfum dan tidak berhijab dgn sebagaimana seharusnya, mereka bercanda dgn pemilik-pemilik toko, membuka wajah-wajah mereka, atau menutupinya dengan sesuatu yang tdk menutupi, dan menyingkap lengan-lengan mereka, ini semua diharamkan dan mengantarkan kepada fitnah (kerusakan), dan dosanya pada bulan Ramadhan LEBIH BERAT karena kemuliaan bulan Ramadhan.

📚 http//www.alfawzan.af.org.sa./node/14891

📝 faedah dari majmuah al-utrujah

🌷🍃ash-shalihah🍃🌷

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s