*Waktu Buka Puasa Bagi Musafir Yang Berada Diatas Pesawat*

🔐 *P E R T A N Y A A N*
Seseorang melakukan safar dengan menggunakan pesawat dalam keadaan dia sedang berpuasa, kemudian dia melihat melalui perantara jam atau televisi bahwa negeri asal dia atau tempat terdekat dari dia sudah masuk berbuka puasa, namun dia masih bisa melihat matahari dikarenakan tingginya posisi dia di pesawat. Kapan dia harus berbuka?

🔓🔑 *J A W A B A N*
Hukum asal bagi setiap orang bahwa waktu berpuasa, berbuka, dan waktu-waktu shalat dia adalah hukum ketika dia sedang berada di daratan atau di lautan dimana dia melakukan perjalanan. Dia berbuka ketika matahari terbenam dan berpuasa selama matahari masih terlihat

Allah تعالى berfirman;

{وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ}

“Makan dan minumlah kalian hingga jelas bagi kalian benang putih dan benang hitam dari fajar, kemudian sempurnakanlah puasa kalian sampai masuk waktu malam,”

Allah عزوجل juga berfirman

{أَقِمِ الصَّلاَةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا}

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).”

Rasûlullâh bersabda

إِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَاهُنَا، وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَاهُنَا، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ

“Apabila malam telah tiba dari arah sini dan siang telah berlalu dari arah sini serta matahari pun terbenam, maka orang yang berpuasa sudah boleh berbuka”

✈ Maka seseorang yang berada diatas pesawat selama dia masih melihat matahari belum diperbolehkan baginya untuk berbuka hingga dia melihat matahari terbenam.

Namun jika dia kemudian turun dari pesawat dimana disana sudah tenggelam matahari maka hukum (puasa dan shalat) penduduk setempat tersebut berlaku untuk dirinya.

📚Sumber:
موقع اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

┄┄┉┉✽̶»̶̥🌼»̶̥✽̶┉┉┄┄
Bergabunglah bersama kami di chanel telegram pada link berikut ini
📮 http://bit.ly/penuhduniailmu
💻Untuk faedah lain kunjungi http://www.jendelasunnah.com
—————————————
  🖼Jendela Sunnah🖼
————————————–

📬 Diposting ulang hari Kamis, 11 Ramadhan 1437 H / 16 Juni 2016 M

🌐 http://annisaa.salafymalangraya.or.id
📠 http://bit.ly/nisaaassunnah

🎀 *Nisaa` As-Sunnah* 🎀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s